Senin, 30 Juli 2012

PERTUMBUHAN PRIMER DAN PERTUMBUHAN SEKUNDER

Pertumbuhan Primer.
Aktivitas sel-sel meristem yang terdapat pada ujung batang dan akar yang menyebabkan pertambahan panjang pada batang dan akar disebut dengan pertumbuhan Primer. Pertumbuhan primer dapat diukur secara kuantitatif dengan alat yang disebut dengan Auksanometer. Daerah pertumbuhan pada ujung batang dan akar dapat dibedakan menjadi 3  yaitu :

  1. Daerah pembelahan sel : terdapat di daerah ujung 
  2. Daerah Pemanjangan sel : terletak dibelakang daerah pembelahan, merupakan daerah yang selnya dapat membesar dan memanjang.
  3. daerah diferensiasi : merupakan daerah yang sel-selnya berkembang menjadi sel yang memiliki struktur dan fungsi khusus 
  4. Gambar daerah pertumbuhan akar 
Pertumbuhan Sekunder
Pertumbuhan sekunder adalah aktivitas kambium yang membentuk xilem dan floem sekunder , Kambium adalah meristem lateral ( samping ) yang ada di sekeliling batang dikotil kecuali di bagian ujung. Jaringan kambium mampu membelah sicara mitosis. Jika sel kambiumk membelah ke arah luar, sel yang liuar menjadi sel floem dan sel yang dalam tetao menjadi kambium. sebaliknya jika sel kambium membelah kearah dalam , sel yang dalam menjadi xilem dan sel yang luar tetap menjadi kambium. Jadi selama proses pembelahan ini jaringan kambium tetap dipertahankan. Xilem dan Floem yang terbentuk dari aktvitas kambium ini disebut dengan xilem dan floem sekunder.  Pertambahan jumlah sel Floem dan Xilem sekunder  menyebabkan diameter batang bertambah besar.
pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dipengaruhi oleh musim. pada musim kemarau lapisan yang terbentuk lebih tipis dibanding pada musim penghujan, perbedaan pertumbuhan ini membentuk LINGKARAN TAHUN yang dapat digunakan untuk memperkirakan umur suatu tumbuhan. 
Gambar Lingkar Tahun pada pohon   







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar